MSI dikenal sebagai manufaktur yang inovatif dalam menciptakan berbagai feature terbaru computer hardware miliknya. Kali ini MSI memperkenalkan teknologi multi-GPU, Hydra Engine, pada motherboard terbarunya, Big Bang Fuzion. Hydra Engine memungkinkan penggunaan graphics card NVIDIA dan ATI dalam satu sistem (cross-vender GPU).

Untuk diketahui, sebelum Hydra Engine diperkenalkan, penggunaan cross-vender GPU hanya memungkinkan penggunaan graphics card NVIDIA untuk menjalankan PhysX. Pada MSI Big Bang Fuzion motherboard, graphics card NVIDIA dan ATI akan bekerja sama dalam menjalankan 3D rendering. Berbeda dengan metode Split Frame Rendering (SLI) dan Alternate Frame Rendering (CrossFire), Hydra Engine menggunakan Object Base Rendering atau juga disebut Real Time Distributed Processing (RTDP); dimana tiap object pada 3D image atau video akan di-render oleh salah satu graphics card dan object lainnya di-render oleh graphics card yang kedua. Proses pembagian tugas ini diatur oleh sebuah prosesor 33MHz yang tertanam di motherboard MSI Big Bang Fuzion.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan MSI Big Bang Fuzion motherboard:

  • Provides application scalability when more than one graphic card is installed.
  • Generically work for latest games with no involvement of the game developer
  • Allow non-identical GPUs to work in a system, thereby avoiding the need to replace both graphics cards when one is faulty or outdated.
  • Allow users to choose their favorite GPU for the performance and price
  • Enable choice for future system upgrades. Consumers should not have to scrap their current graphics technology or be locked-in to their existing vendor when they are looking for an add-on to their existing system.
  • Eliminate the need for special or proprietary connectors

Sebuah solusi yang menarik. Kini untuk menggunakan multi-GPU system, Anda tidak perlu menggunakan graphics card dari vendor yang sama. Bahkan tidak perlu menggunakan seri yang identik. Anda yang masih memiliki graphics card ATI HD 4000 series, kini bisa Anda pasangkan dengan salah satu graphics card ATI HD 5000 series atau bahkan graphics card NVIDIA.



Selain memperkenalkan Big Bang Fuzion, pada event yang diadakan di MU Cafe ini, MSI juga memperkenalkan motherboard H55 dengan microATX form factor. MSI H55 motherboard merupakan pasangan ideal prosesor Intel Core i3 sebagai alternatif Home Theater Personal Computer (HTPC).

sumber : http://chip.co.id/articles/news/2010/02/02/msi-big-bang-fuzion-perpaduan-nvidia-dan-ati-graphics-card-dalam-satu-motherboard/