1. PC

Komputer pribadi/Personal Computer (PC) mendefinisikan sebuah komputer yang dirancang untuk penggunaan umum oleh satu orang. Sementara Mac adalah PC, sebagian besar orang menghubungkan Mac dengan sistem yang menjalankan sistem operasi Windows. PC pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer karena mereka adalah komputer yang lengkap tapi dibangun pada skala yang lebih kecil daripada sistem besar yang digunakan oleh kebanyakan perusahaan.




2. Desktop

Sebuah PC yang tidak dirancang untuk mudah dibawa adalah komputer desktop. Harapannya dengan sistem desktop adalah Anda akan mengatur komputer di lokasi permanen. Kebanyakan desktop menawarkan lebih banyak kekuatan, penyimpanan dan fleksibilitas biaya kurang dari PC portabel.


3. Laptop

Juga disebut notebook, laptop adalah komputer portabel yang mengintegrasikan layar, keyboard, perangkat penunjuk atau trackball, prosesor, memori dan hard drive semua dalam satu paket.


4. PDA

Personal Digital Assistant (PDA) yang terintegrasi komputer yang sering menggunakan flash memory daripada hard drive untuk penyimpanan. Komputer ini biasanya tidak memiliki keyboard, tetapi mengandalkan teknologi layar sentuh untuk masukan pengguna. PDA biasanya lebih kecil dari sebuah buku novel, sangat ringan dengan baterai yang masuk akal. Yang sedikit lebih besar dan lebih berat versi PDA adalah komputer genggam.


5. Workstation

Jenis kelima adalah komputer workstation. Sebuah workstation hanyalah sebuah komputer desktop yang memiliki prosesor yang lebih kuat, memori tambahan dan peningkatan kapabilitas untuk melakukan tugas kelompok khusus, seperti 3D Graphics atau pembuatan game.


6. Server

Sebuah komputer yang telah dioptimalkan untuk memberikan layanan kepada komputer lain melalui jaringan. Server biasanya memiliki prosesor yang kuat, banyak memori dan hard drive besar. Jenis berikutnya komputer dapat mengisi seluruh ruangan.


7. Mainframe

Pada awal komputasi, komputer mainframe sangat besar yang dapat mengisi seluruh ruangan atau bahkan keseluruhan lantai! Saat ukuran komputer telah berkurang, sementara kekuatan telah meningkat, istilah mainframe telah jatuh dari penggunaan yang mendukung server perusahaan. Anda akan masih mendengar istilah yang digunakan, terutama di perusahaan besar untuk menggambarkan mesin-mesin raksasa pengolahan jutaan transaksi setiap hari.



8. MiniKomputer

Istilah yang sudah jarang digunakan lagi, minicomputer jatuh di antara mikrokomputer (PC) dan mainframe (server perusahaan). Minicomputer yang biasanya disebut sebagai mid-range server.


9. SuperKomputer

Jenis komputer ini biasanya memakan biaya ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar. Meskipun beberapa superkomputer adalah sistem komputer tunggal, sebagian besar terdiri dari beberapa komputer kinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sistem tunggal. Superkomputer yang paling terkenal dibangun oleh Superkomputer Cray.

10. Wearable Computer

Tren terbaru di bidang komputer adalah komputer dapat dipakai. Pada dasarnya, aplikasi komputer umum (e-mail, database, multimedia, kalender / scheduler) diintegrasikan ke dalam jam tangan, ponsel, penghalang cahaya matahari dan bahkan pakaian!.

Sumebr : http://computer.howstuffworks.com/