Ini adalah salah satu pertanyaan yang tidak memiliki jawaban yang tepat, dengan kata lain, tergantung bagaimana anda menggunakan komputer.

sedikitnya ada tiga situasi yang memaksa kita untuk membiarkan komputer menyala selama 24 jam

  • Kita berada di jaringan, dan admin jaringan tersebut memberikan backup dan atau update software melalui jaringan pada malam hari, jika kejadiannya seperti itu, dan jika kita ingin kondisi program komputer selalu up to date dan dibackup maka kita perlu untuk menyalakan komputer setiap saat.
  • Jika komputer yang digunakan dijadikan sebuah server, maka perlu untuk dinyalakan setiap saat.
  • Jika Anda menjalankan sesuatu seperti SETI @ home dan Anda ingin menghasilkan hasil set sebanyak mungkin, Anda perlu meninggalkan komputer anda di sepanjang waktu.

Jika Anda tidak mengalami salah satu kategori ini, maka Anda memiliki pilihan mengenai perlu atau tidak untuk menyalakan komputer setiap saat.

Salah satu alasan mengapa Anda mungkin ingin mematikan komputer adalah masalah ekonomi. Tipikal PC mengkonsumsi listrik sebesar 300 watt. Mari kita berasumsi bahwa Anda menggunakan PC Anda selama empat jam setiap hari, jadi 20 jam lainnya penggunaan energi akan sia-sia. Jika biaya listrik 10 sen per kilowatt-jam di daerah Anda, kemudian bahwa 20 jam mewakili 60 sen sehari. Enam puluh sen sehari menambahkan hingga $ 219.

Argumen untuk meninggalkan komputer Anda sepanjang waktu adalah menyalakannya dan menonaktifkan entah bagaimana membuat stress komponen komputer. Sebagai contoh, ketika chip CPU sedang berjalan, chip tersebut akan menjadi panas, dan ketika Anda mematikan PC, chip tersebut akan mendingin kembali. Ekspansi dan kontraksi dari panas mungkin memiliki beberapa efek pada sendi solder yang mengikat chip pada tempatnya, dan pada detail baik mikro pada chip itu sendiri. Tapi di sini ada 2 cara untuk melihat bahwa:

  • Kalau masalah yang signifikan, maka mesin akan gagal sepanjang waktu. Bahkan, hardware sangat bisa diandalkan (perangkat lunak adalah keseluruhan cerita yang berbeda, dan ada banyak me-reboot PC setiap hari).
  • Saya tidak tahu ada orang yang meninggalkan TV menyala selama 24 jam sehari. TV mengandung banyak komponen yang sama dengan komputer. TV jelas tidak memiliki masalah walaupun dinyalakan dan dimatikan sepanjang waktu.

sumber : http://computer.howstuffworks.com/question328.htm